Pembangunan Jalan Desa

https://robysuhendra.files.wordpress.com/2016/10/pembangunan-jalan.jpg

Gambar 1: suasanan gotong royong warga setempat.

 

Hai blogger dimana pun kalian berada semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat si pembaca. Kali ini saya akan bercerita sedikit tentang suatu desa diprovinsi banten, dikabupaten lebak, kecamatan maja, desa pasir kembang. Setiap daerah mempunyai keunikan(ciri khas), keindahan, kenyamanan, dan kedamaiannya masing-masing. Tapi kali ini saya bukan mau membahas tentang kelebihan desa tersebut.

Desa pasir kembang ini merupakan salah satu desa yang bisa dibilang masih kurang perhatian dari pemerintah, maka dari itu saya memiliki gagasan untuk ikut serta membangun desa tersebut. Dengan contoh sederhana memperbaiki infrasrtuktur jalanan yang rusak dan banyak lubang, supaya memudahkan akses dan memperlancar pembangunan-pembangunan pada bidang lainnya.

Jalan yang bagus akan mempermudah akses dan memperlancar semua aktivitas didalamya. Misal aktivitas perdagangan, merupakan salah satu profesi yang paling banyak pada lingkungan desa tersebut. Infrastruktur jalan yang baik otomatis tingkat kecelakaan kendaraan pun akan semakin berkurang. Menurut saya, dengan adanya program perbaikan jalan secara swadaya yang dibantu oleh warga sekitar akan lebih cepat tercapai.

Jika ada sistem gotong royong, serta dana yang dikumpulkan dengan sistem tabungan desa akan lebih cepat terisi untuk kebutuhan. Pembelian bahan material yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur jalan sangatlah banyak, serta dibutuhkan sewa alat-alat yang penunjang lainnya. Untuk itu kami selaku pemuda/mahasiswa ingin membangkitkan semangat pemuda yang lainnya agar mereka mempunyai visi dan misi yang lebih baik untuk membangun setiap desa atau wilayah yang jarang tersentuh dan dapat perhatian oleh pemerintah. Pembangunan desa ini menggunakan sistem tabungan yang akan dikumpulkan dan ditarik oleh Rw sebesar 5 ribu/minggu, dimana setiap Rw(rukun warga) akan di sounding oleh pemuda untuk turut ikut serta membangun jalan yang telah hancur dan berlubang.

jadi, setiap 6 bulan sekali dana yang terkumpul akan dihitung jumlahnya. Apabila jumlah sudah mencapai target maka proses pengerjaan jalan bisa dilaksanakan satu minggu kemudian. Serta harus melewati proses meeting dan musyawarah dengan pihak Rw di desa setempat bersama para warga. Tentang pembagian tugas dan material apa saja yang harus diperlukan seperti pasir dan lain-lain.

Advertisements

About suhendraroby

saya seorang CEPERIST

Posted on October 29, 2016, in Indonesia_people and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: