TEKNOLOGI bisa sebebkan DIMENSIA

Teknologi bisa sebabkan dimensia

Teknologi Bisa Sebabkan DemensiaDi era kini, kemajuan teknologi semakin pesat. Aktivitas manusia seakan tidak lagi lepas dari peralatan elektronik. Namun riset terbaru menunjukkan, kehidupan modern dapat menyebabkan demensia atau kerusakan otak lebih awal. Para ahli pun menyalahkan tingginya penggunaan PC, ponsel, peralatan elektronik, dan bahan kimia sebagai penyebab rusaknya fungsi otak. Menurut penelitian Bournemouth University, Inggris, penyebab kematian tertinggi di 16 negara karena kerusakan syaraf. 

“Ini bukanlah faktor genetik karena periodenya terlalu singkat,” ujar pemimpin penelitian, Profesor Colin Pritchard di Daily Mail. Selain itu, akan ada hal yang mempengaruhi orang-orang di sejumlah negara. Dan epidemik ini dipengaruhi lingkungan serta perubahan sosial. “Seperti, wanita lebih mudah terpengaruh karena kehidupan mereka memiliki periode yang cepat berubah dibandingkan pria.” 

Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kematian tertinggi yang disebabkan penyakit saraf sepanjang 1979 sampai 2010. Sementara itu, Inggris menampati posisi ke empat berdasarkan data statistik World Health Organization (WHO). Di negara kerajaan itu, jumlah penderita penyakit syaraf lebih banyak dialami wanita, mencapai 48 persen. Sementara pria penderita penyakit syaraf berjumlah 32 persen. Adapun jumlah kematiannya meningkat dari 4.500 orang menjadi 6.500.

Public Health Journal menyebutkan, teknologi menjadi epidemik tersembunyi yang menyebabkan kematian di bawah usia 74 tahun, terutama di Inggris. Total jumlah kematian karena dimensia di 16 negara pun meningkat signifikan. Bahkan jumlahnya sangat kontras bila dibandingkan dengan penyakit penyebab kematian lainnya.

Pritchhard mengatakan, statistik itu sangat mengancam masyarakat, terutama keluarga. “Kita harus mengenali seberapa besar epidemik ini betul-betul mempengaruhi lingkungan dan perubahan sosial,” ucapnya. Selama 30 tahun terakhir, terjadi ledakan produk elektronik, radiasi, PC, microwave, televisi, ponsel, dan polusi bahan kimia. “Tidak ada satupun faktor yang memiliki interaksi kuat antara pemicu perubahan lingkungan dengan perubahan kondisi.”

 

sumber:http://www.tempo.co/read/news/2013/05/14/060480209/Teknologi-Bisa-Sebabkan-Demensia

About suhendraroby

saya seorang CEPERIST

Posted on May 14, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: