menggunakan PHP dan HTML

Menggunakan PHP dan HTML

Bingung juga sih judul yang tepat apa. Cuma ada beberapa pertanyaan yang menanyakan bagaimana menggabungkan antara HTML dan PHP. Ya, bagi mereka yang belum paham cara kerja PHP memang bisa dimaklumi. Karena saya dulu juga bingung antara 2 bahasa ini hehehe..

Baiklah biar anda paham, coba anda bayangkan sebuah dapur. HTML adalah masakan sedangkan PHP adalah resep. Pengunjung website adalah pelanggan restoran.

Ketika anda menulis PHP, maka anda tengah menulis sebuah resep untuk membuat sebuah masakan yang sesuai keinginan anda. Sedangkan jika anda menulis HTML, itu sama aja anda menyajikan masakan yang sudah siap ke pengunjung. Paham?

Jadi, dari sisi pengunjung gak akan ada bedanya ini bahasa PHP atau HTML. Dari sisi kokilah perbedaan itu terjadi. So, mari kita coba dengan sebuah contoh:

 

  1. <p>Hallo, nama saya HTML</p>  

 

Kode diatas mudah ditebak bukan? Ya! itu adalah sebuah kode HTML yang menghasilkan tulisan Hallo, nama saya HTML. Kemudian mari kita coba tambahan kode PHP di sebelahnya:

 

  1. <p>Hallo, nama saya HTML <?php echo ‘dan saya adalah PHP’;?></p>  

 

Kode diatas adalah sebuah kode PHP. Karena sudah ada tag php disana. Dan anda harus menjalankannya di server untuk melihat hasilnya. Jika anda jalankan langsung di browser dengan nama file coba.html, maka jelas akan error jadinya. Tapi jika anda jalankan di server dengan nama file coba.php, maka akan muncul tulisan:

Hallo, nama saya HTML dan saya adalah PHP

Itu adalah contoh menyisipkan kode PHP di HTML. Bisakah menyisipkan kode HTML di PHP? jelas bisa dong. Contohnya seperti ini:

 

  1. <?php echo ‘<p>Hallo, nama saya <strong>HTML</strong> dan saya adalah <em>PHP</em></p>’;?>  

 

Tuh kan? Kita bisa menampilkan kode HTML dengan perintah echo di PHP. Keduanya sama-sama menghasilkan tulisan yang sama. Hanya saja pada contoh diatas saya tambahi tag strong dan em untuk memperlihatkan bahwa kita bisa memasang tag HTML di PHP.

Terserah anda mau pakai metode mana. Tapi yang jelas dan harus diingat, begitu di dalam keseluruhan file ada tag <?php dan ?> maka file itu harus dijalankan di server. Karena perintah PHP hanya bisa berjalan di server saja. Oke, kita ketemu di artikel berikutnya

 

sumber:http://gudanginfo.web.id/php/menggunakan-php-dan-html.html#more-77

About suhendraroby

saya seorang CEPERIST

Posted on May 5, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: