Definisi Teknologi Informasi

1.1    Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi (Information Technology) secara implisit maupun eksplisit bukan sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi telekomunikasi.

Menurut Haag dan Keen (1996) bahwa Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Menurut Martin (1999) bahwa Teknologi Informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Menurut Willians dan Sawyer (2003) bahwa Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (Komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Teknologi Informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

  • Teknologi Komputer

Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer, diantaranya keyboard, mouse, CD-ROM, Monitor, printer, scanner, dan sebagainya.

Komputer adalah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.

Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.

Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar atau simbol.

Informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.

  • Teknologi Telekomunikasi

Teknologi telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh. Diantaranya telepon, radio, televisi.

Gambar  1.2 Teknologi informasi berbantuan teknologi telekomunikasi

1.2   Klasifikasi Sistem Teknologi Komputer

Sistem Teknologi Komputer dapat dibedakan menurut fungsi sistem dan jenis komputer.

a.               Menurut Fungsi sistem

Berdasarkan fungsi sistem, sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi:

  • Embedded Information Technology System

Merupakan sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain.

Contoh:

VCR(Video Casette Recorder) : memiliki sistem teknologi informasi yang memungkinkan pemakai dapat merekam tayangan televisi.

  • Dedicated Information Technology system

Merupakan sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus.

Contoh:

ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dirancang khusus untuk melakukan traksaksi keuangan bagi nasabah bank.

  • General purpose system

General purpose system adalah sistem teknologi komputer yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang bersifat umum.

Contoh:

PC (Personal Komputer) merupakan teknologi informasi serbaguna.

b.              Menurut jenis komputer

Ukuran dalam klasifikasi sistem teknologi komputer tidak harus berupa ukuran fisik, tetapi lebih cenderung didasarkan pada ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemroses dan juga berdasarkan jumlah orang yang menggunakan sistem secara bersamaan.

Pembagian komputer menurut jenisnya bisa kita lakukan berdasarkan ;

1.   Data yang diolah

2.   Penggunaannya

3.   Kapasitas kerja dan memori

BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH

Berdasarkan data yang diolah, komputer bisa kita bagi atas 3 jenis yaitu ; komputer analog, computer digital dan computer hybrid.

1.   Komputer analog.

Analog bisa kita artikan dengan Sama, Setara atau Equivalen. Jadi komputer analog adalah komputer yang beroperasi secara paralel atau sama dengan besaran fisik atau angka-angka yang diterimanya. Jadi komputer analog sangat sesuai sekali digunakan untuk mengukur data kualitatif seperti temperatur, tinggi nada suara, tegangan listrik dan lain-lain.

Sebagai contoh: Penggunaan komputer pada alat voltmeter, jam listrik, barometer dan lain-lain.

2.     Komputer digital.

Komputer Digital adalah komputer yang beroperasi atau bekerja dengan angka-angka atau tanda-tanda lain seperti huruf. tanda baca dan karakter khusus lainnya yang dalam operasinya diidentifikasikan sebagai angka. Komputer Digital mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data. Karena komputer ini mempunyai kemampuan kalkulasi dan manipulasi data. maka komputer digital sering digunakan orang untuk aplikasi-aplikasi bisnis dan lain-lain aplikasi yang mengolah data kuantitatif.

.

3.     Komputer hybrid.

Komputer Hybrid adalah gabungan dari kedua jenis komputer tersebut diatas. la bekerja atau beroperasi dengan angka atau besaran fisik yang  diterimanya.

Berdasarkan kapasitas kerja dan memori dapat kita golongkan komputer atas, mikromputer, minikompur. medium-scale komputer, largescale komputer dan super komputer.

Cara pembagian kelas komputer tidak selalu demikian. Ada yang membagi atas 3 kelas. yaitu    mikrocomputer, minikomputer dan mainframe.

Dilihat dari fleksibilitas penggunaannya, komputer dapat kita golongkan atas komputer serba guna (general purpose), dan komputer untuk penggunaan khusus (special purpose).

BERDASARKAN PENGGUNAANNYA

1.     Special-Purpose Computer

Komputer dirancang untuk  menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya  berupa satu masalah saja. Program komputer tertentu sudah tersimpan di dalam komputernya. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun analog dan umumnya komputer analog adalah Special-purpose computer.

Special-purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri, seperti pabrik kimia, penyulingan minyak, dan sebagainya.

Special-purpose computer yang sudah diprogram untuk masalah khusus maka tidak dapat digunakan untuk masalah yang lainnya, tanpa adanya perubahan-perubahan yang dilakukan di dalam komputernya.

2.     General-Purpose Computer

Komputer dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dan dapat mempergunakan program bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis permasalahan-permasalahan yang berbeda.

Karena komputer jenis ini tidak dirancang untuk masalah khusus, maka dibandingkan dengan Special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah. Sejak komputer generasi ketiga, sebagian komputer dirancang sebagai general purpose computer, sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda-beda, seperti aplikasi bisnis, teknik pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain sebagainya.

BERDASARKAN KAPASITAS KERJA & MEMORI KOMPUTER

1.     Micro Computer

Micro Computer  (komputer mikro) disebut juga personal computer dan umumnya adalah single user  yaitu komputer hanyak dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap  saat. Komputer  mikro dapat diletakkan diatas meja sehingga disebut dengan nama desktop computer. Komputer mikro juga mempunyai bentuk yang portable menyerupai sebuah buku catatan (notebook) sehingga komputer ini disebut dengan notebook computer.

Perkembangan selanjutnya komputer mikro adalah komputer super-mikro (supermicro computer). Supermicro computer merupakan multiuser sistem dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan komputer mini. Sekarang supermicro computer mulai menggantikan komputer mini, karena supermicro computer  dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sama dengan yang dapat dikerjakan oleh komputer mini.

Perkembangan yang cepat dari komputer mikro menyebabkan komputer mikro dan komputer supermikro tidak dapat dibedakan lagi. Sehingga komputer mikro mempunyai kemampuan seperti komputer super mikro yaitu kemampuan multiuser system.  Sistem seperti ini dikenal istilah client server system.

2.     Mini Computer

Perusahaan-perusahaan yang memproduksi komputer mini, ada yang menggolongkan kembali komputer mini menjadi mini-mini computer, midi-mini computer, maxi-mini computer dan super-mini computer, tergantung dari kemampuannya. Kecepatan komputer mini sampai 50 MIPS.

Komputer mini bersifat multi-user yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai, sampai dengan 64 terminal dapat dihubungkan dengan komputer mini.

Salah satu perusahaan yang pertama kali memproduksi komputer mini adalah DEC (digital Equipment Corporation). Perusahaan-perusahaan lainnya adalah IBM, Honeywell, Hawlett Packard, Data General, Komputer IBM AS 400 merupakan komputer mini yang terkenal.

Komputer mini merupakan komputer pertama yang diterapkan terhadap aplikasi pengendalian proses produksi, riset laboratorium dan komunikasi data.

3.     Small Computer

Small computer  disebut juga dengan nama small-scale mainframe computer,kebanyakan menggunakan sistem  multiprogramming, multiprocessing  dan  virtual storage serta bersifat  mutliuser  dengan terminal sampai ratusan buah.

Beberapa perusahaan yang memproduksi  small computer  adalah IBM, NCR, Burroughs, Honeywell, DEC dan Control Data Corporation.

4.     Medium Computer

Medium computer  disebut juga medium-scale mainframe computer. Medium computer  dapat mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output. Biasanya medium computer digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan medium computer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer  atau mini computer  untuk penerapan konsep distribution data processing( DDP), yaitu terminal selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi dapat juga berdiri sendiri.

5.     Large Computer

Large computer disebut juga dengan nama mainframe computer  atau large scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari. Komputer jenis ini digunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar, seperti perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebar di seluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.

Kecepatan dan besar memori komputer ini, memungkinkan secara efektif menerapkan sistem time-sharing, ratusan pemakai dapat menggunakan komputer ini serentak dari terminal masing-masing pada saat yang sama.

6.     Super Computer

Super computer disebut juga parallel processor, karena super komputer adalah komputer mainframe yang mempunyai banyak prosesor yang dipasang secara parallel. Contohnya super komputer yang digunakan di perusahaan telepon PTT di Belanda yang menggunakan sebanyak 48 prosesor yang diparalel.

1.3   GENERASI KOMPUTER

1.   Komputer Generasi Pertama.

Komputer dengan komponen elektronika yang berupa Vacum Tube atau tabung hampa disebut sebagai permulaan dari generasi komputer. peralatan-peralatan  komputer jenis ini masih dalam ukuran yang sangat besar sehingga memerlukan  ruangan atau tempat yang luas. Sifat dari komponen ini banyak mengeluarkan panas, sehingga memaksa orang untuk menyediakan alat pendingin (AC) yang banyak. Proses dan kapasitas dari komputer ini juga masih kecil dan sangat terbatas sekali. Contoh komputer generasi pertama ini adalah IBM-650. Disamping IBM, pabrik-pabrik komputer lainnya juga sudah mulai memproduksai komputer ini seperti UNIVAC, RCA, BURROUGHS, HONEYWELL dll.

o    J. Presper Eckert, membuat komputer elektronik ENIAC

o    ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) adalah komputer elektronik dengan 20 register yang masing-masing mampu memuat sebuah bilangan desimal 10 digit. Komputer ini mempunyai 6000 tombol multiposisi dan memhubungkan banyak soket dengan berbagai macam kabel.

o    ENIAC terdiri dari 18.000 tabung hampa udara dan 1.500 relai, berbobot 30 ton dan menghabiskan 140 kilowatt listrik.

o    Dari segi arsitektur, ENIAC mempunyai 20 register yang masing-masing mampu memuat sebuah desimal 10 digit.

o    ENIAC belum selesai, muncul EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)  dibuat oleh Eckert dan Mauchley.

o    John von Neuman yang terlibat pembuatan ENIAC, membuat jenis EDVAC versinya sendiri yaitu  Mesin IAS.

o    John von Neuman adalah seorang jenius sekelas Leonardo Da Vinci, menguasai banyak bahasa, ahli fisika, matematika dan mempunyai ingatan yang sangat baik.

o    Mesin IAS adalah sejenis mesin EDVAC yang diciptakan John Von Neuman

o    Mesin Von Neuman adalah rancangan dasar dimana sebuah program diwakili dalam bentuk digital didalam memori komputer bersama-sama data (menghindari pemrograman komputer dengan banyak tombol dan kabel).

o    Mesin von Neuman mempunyai 5 bagian utama yaitu memori, unit logika aritmatika, unit kontrol serta peralatan I/O.

o    Memori terdiri dari 4096 word, satu word memuat 40 bit, yang terdiri dari angka 0 dan 1.

o    Setiap word memuat  2 instruksi 20 bit atau satu integer bertanda 40 bit.

o    Di dalam ALU terdapat sebuah register 40 bit internal khusus disebut akumulator.

o    Saat bersamaan, para peneliti di M.I.T membuat Whirldwind I, mempunyai word 16 bit dan dirancang untuk pengendalian waktu-nyata (real time). Proyek ini menemukan memori inti magnetic oleh Jay Forrester, merupakan awal ditemukan komputer mini komersial pertama.

o    IBM memproduksi 701 tahuan 1953, memiliki 2048 word 36 bit, dengan dua instruksi per word.

o    IBM memproduksi 704 tahun 1956, mempunyai memori inti 4K, instruksi-instruksi 36 bit dan hardware titik mengambang.

o    IBM memproduksi 709 tahun 1958 (pengembangan dari 704) menggunakan mesin tabung hampa udaranya yang terakhir .

Mesin generasi pertama yaitu pada awal tahun 1950-an, hampir semuanya diprogramkan dalam bahasa mesin. Bahasa mesin ini terdiri atas string nol dan satu yang beraksi sebagai instruksi pada komputer, menentukan suatu keadaan elektrik yang diinginkan dari sirkuit internal dan bank memori.

Menulis program bahasa mesin sebenarnya tidak praktis, membosankan dan banyak memakan waktu. Untuk membuat program lebih mudah, bahasa simbol dikembangkan. Bahasa semacam ini memungkinkan suatu instruksi ditulis dengan kode simbol ( disebutmnemonics atau pertolongan memori), bukannya string satu dan nol.

Komputer generasi pertama mempunyai central processing unit (CPU)  yang terdiri atas serangkaian register kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara,instruksi dan pengalamatan memori. Control Unit (CU) men-decode instruksi, mengirim informasi melalui sistem dan memberikan signal waktu. Instruksi-instruksi diambil dan dilaksanakan dalam dua langkah berurutan yang disebut dengan fetch cycle  dan execution cycle. Secara bersama-sama membentuk instruction cycle.

Komputer generasi pertama mempunyai banyak kekurangan dalam rancangan, termasuk:

¨       Operasi kontrol I/O yang tidak efisien yang menghasilkan unjuk kerja keseluruhan sistem yang buruk.

¨       Skema modifikasi pengalamatan yang tidak efisien

¨       Karena instruksi diorientasikan pada perhitungan angka, pemrograman non angka dan problem logis menjadi sulit.

¨       Tidak adanya fasilitas linking program, seperti instruksi untuk memanggil subrutin yang secara otomatis menyimpan alamat program pemanggil.

¨       Aritmatika floating point tidak diimplementasikan, khususnya karena harga perangkat keras yang diperlukan.

Karakteristik komputer generasi pertama :

  • Penggunaan tabung hampa dalam  sirkuit elektronik dan mercury delay lines sebagai memori
  • Drum magnetic sebagai media penyimpanan internal utama
  •  Kapasitas penyimpanan utama yang terbatas ( 1000 – 4000 byte )
  •  Pemrograman bahasa simbol tingkat rendah
  • Problem panas dan pemeliharaan
  • Aplikasi : perhitungan sains, pemrosesan pyroll, penyimpanan record.
  • Waktu siklus : milidetik
  • Harga :$5 per operasi floating-point
  •  Kecepatan pemrosesan : 2000 instruksi per detik.

2.   Komputer generasi Kedua

Semenjak ditemukannya ‘Transistor’, maka orang mulai menggantikan peranan tabung hampa tersebut dengan transistor. Jika dibanding dengan tabung hampa maka peralatan transistor ini jauh lebih kecil, sehingga komputer yang menggunakan    alat ini jauh lebih kecil ukuran fisiknya. Di samping ukuran yang semakin kecil, ciri-ciri lain dari jenis komputer generasi kedua ini adalah : kecepatan yang semakin tinggi dalam melakukan pengolahan data, tidak banyak panas, dan kapasitas memori yang semakin besar. Komputer generasi ini juga sudah mengenal Teleprocessing, yaitu proses data jauh antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Contoh komputer generasi kedua adalah IBM Model 1620, IBM 1401 dll.

Tabung hampa udara digantikan posisinya dengan transistor

Transistor diciptakan di Laboratorium Bell tahun 1948 oleh John Bardeen, Walter Brattain dan Willian Shcokey.

Atas penemuaanya mendapat hadiah Nobel bidang fisika di tahun 1956.

Komputer transistor pertama dibuat di M.I.T, Laboratorium Lincoln, sebuah mesin 16 bit bersama jalur-jalur poduk Whirwind I. Mesin ini disebut TX-0 (Transistorized experimental computer 0)

Mesin TX-0 sebagai alay menguji TX-2

PDP-1  mempunyai word 18 bit sebanyak 4 K dan waktu siklus 5 m sec

(milli = 10-3, mikro (m) = 10-6, nano = 10-9, kilo = 103, mega = 106, giga = 109 )

PDP-1 memiliki tampilan visual dan kemampuan menempatkan titik yang baik pada layar beukuran 512 x 512, lalu setelah dimodifikasi mahasiswa, PDP-1 dapat digunakan untuk bermain video game.

DEC memperkenalkan PP-8, sebuah mesin 12 bit, merupakan inovasi besar, memiliki bus tunggal, omnibus seperti gambar dibawah.

Bus adalah sekumpulan kabel-kabel parallel yang digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen sebuah komputer

   Reaksi IBM terhadap transistor adalah membuat versi 7090, mempunyai waktu siklus 2 mikro detik dan 32 K memori inti word 36-bit.

IBM membuat mesin 1401 yang dapat membaca dan menulis pita-pita magnetic, membaca dan mencatat kartu-kartu dan mencetak output pada kecepatan hampir sama dengan 7094.

 Tahun 1964, CDC (Control Data Corporation) memperkenalkan 6600,  mesin ini jauh lebih cepat dari 7094.

Perancang 6600, Seymour Cray adalah tokoh legendaries sekaliber  Von Neuman, membuat superkomputer, meliputi 6600, 7600 dan Cray-1.

Superkomputer adalah mesin-mesin ciptaan dari Seymour yang bekerja cepat yang terdiri dari 6600, 7600, cray-1 dan algoritma

3.   Komputer generasi Ketiga.

Kemajuan teknologi elektronika terus berkembang hingga orang bisa menemukan suatu komponen komputer yang sangat kecil ukurannya, yaitu berupa Solid Logic Technologi dan Monolithic Integrated Circuit. Dengan menggunakan komponen ini ukuran komputer juga semakin kecil, kapasitas memori menjadi sangat besar dan proses bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Selain perkembangan dalam peralatan-peralatan komputer, perkembangan dukungan atas komputer semakin maju. Orang telah bisa membuat suatu sistem yang memungkinkan komputer bisa dilakukan lebih dan satu macam dalam saat yang bersamaan (multi – progamming).

Ø  Penemuan rangkaian terpadu dari Silikon oleh Robert Noyee tahun 1958.

Ø  Rangkaian terpadu merupakan gabungan dari lusinan transistor pada satu keping chip tunggal, dengan ukuran lebih kecil, lebih cepat dan lebih murah, yang disebut IC (Integrated Circuit)

Ø  Karakteristik Komputer pada generasi ketiga adalah

1.     Kapasitas penyimpanan lebih besar

2.     Program serbaguna yang mengerjakan tugas-tugas secara otomatis yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia.

3.     Kompatibilitas komponen-komponen yang memudahkan pengembangan sistem komputer

4.     Kemampuan untuk mengerjakan operasi secara serentak.

5.     Kemampuan untuk mengerjakan proses yang lebih rumit dibandingkan proses batch sederhana. Sistem operasi time-sharing mulai digunakan setelah tahun 1960-an. Memori virtual dikembangkan dengan menggunakan memori terstruktur secara hirarkhi.

6.     Penemuan lain: Terminal remote yang ditempatkan di tempat berbeda-beda dan digunakan untuk menghubungkan secara langsung dengan komputer pusat. Melalui terminal-terminal, banyak pemakai dapat berhubungan dengan komputer pusat pada saat yang sama dan menerima hasil yang hampir seketika itu juga yang disebuttime-sharing.

7.     Tersedianya perangkat lunak sistem operasi untuk mengontrol I/O dan melakukan banyak pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia.

8.     Aplikasi: sistem reservasi perusahaan penerbangan, peramalan pasar, billing, kartu kerdit.

9.     Waktu siklus : nanodetik

10.   Biaya : 5 sen per operasi floating-point

11.   Kecepatan pemrosesan 10 mips

Ø  Revolusi komputer terjadi pada:

tahun 1971, Intel Corporation membuat mikroprosesor  pertama yaitu chip 4004.

Tahun 1972 dan 1973 Inter Corp memproduksi chip 8008 dan 8080, menjadi dasar industri komputer personal,  yang lainnya adalah chip Zilog’s Z-80 dan milik intel 8085 dan 8088.

4.   Komputer Generasi Keempat.

Komputer yang digunakan sekarang ini dan yang berisi perangkat mikroelektronik yang lebih canggih seperti sirkuit terpadu kompleks yang diklasifikasikan sebagai “Large Scale Integrated” (LSI) atau “Very Large ScaleIntegration” (VLSI) atau Microprosesor

VLSI gabungan dari ratusan ribu atau jutaan transistor dalam satu chip tunggal.

Penyempurnaan penampilan pada sistem komputer mencakup kecepatan, keandalan yang besar dan kapasitas penyimpanan mendekati jutaan karakter.

Penekanannya adalah pada kemudahan penggunaan dan aplikasi dengan mesin yang disebut user-friendly.

Karakteristik Komputer Generasi ke-4.

1.     Menggunakan large-scale integrated circuit

2.     Peningkatan kapasitas penyimpanan ( lebih dari 3 Mbyte)dan kecepatan.

3.     Peningkatan dalam rancangan modular dan kompatibilitas antara peralatan (perangkat keras) yang disediakan oleh pabrik yang berbeda.

4.     Tersedianya program yang canggih untuk aplikas-aplikasi khusus.

5.     Kecanggihan peralatan I/O yang meningkat

6.     Penggunaan minikomputer, mikroprosesor dan mikrokomputer

7.     Aplikasi: simulasi dan model matematika, transfer dana elektronik, perancangan manufacturing dan instruksi dengan bantuan-komputer, komputer yang digunakan di rumah.

8.     Biaya 1/100 sampai 1 sen per operasi floating-point

9.     Kecepatan pemrosesan : 100 mips sampai 1 bis (milyar instruksi per detik)

v  Dikembangkan peralatan penyimpanan data untuk mendapatkan data keasliannya dalam bentuk yang sesuai untuk pemrosesan komputer, contoh MICR ( magnetic ink charakter reader) dan OCR (optional character recognition), yang digunakan pemrosesan suatu bank, termasuk terminal point-of-sale (POS) yang menyimpan data tentang transaksi penjualan yang terjadi.

v  Tahun 1980 ditandai dengan dimulai era Superkomputer.  Ciri-cirinya adalah memiliki kecepatan pemrosesan yang sangat cepat, 20 juta operasi floating-point per detik.

5.   Komputer generasi kelima

Terdapat banyak prediksi bahwa pada awal abad ke-21 komputer akan dikembangkan sehingga akan bisa bercakap dengan manusia dengan cara seperti manusia, sehingga bisa meniru perasaan, ketrampilan, dan inteligensia manusia.

Menurut G. L. Simons prototipe komputer generasi kelima ditargetkan untuk dibuat pada tahun 1991. Lepas dari berhasil tidaknya niat itu, satu hal sudahlah nyata. Paling sedikit, dalam perhitungan Simons itu, kita telah mengenal adanya empat generasi komputer. Dan bermodalkan keempat generasi itu, para ahli merencanakan komputer generasi kelima yang jauh lebih ampuh lagi.

Ternyata tidak semua orang sependapat dengan Simons bahwa kini kita telah memiliki empat generasi komputer. Ada orang yang beranggapan bahwa kita baru mengalami tiga generasi komputer. Dan sebaliknya, ada pula orang yang beranggapan bahwa kini kita telah mengalami lima generasi komputer.

Tabel 1.1 Perkembangan Mikroprosesor

Chip

Tgl

Mhz

Transistor

Memori

Keterangan

4004 4/1971 0,108 2.300 640 Mikroprosesor pertama pada sebuah chip
8008 4/1972 0,108 3.500 16 KB Mikroprosesor 8 bit pertama
8080 4/1974 2 6.000 64 KB CPU serba guna pertama pada sebuah chip
8086 6/1978 5 -10 29.000 1 MB CPU 16 bit pertama pada sebuah chip
8088 6/1979 5 – 8 29.000 1 MB Dipergunakan dalam PC IBM
80286 2/1982 8 – 12 134.000 16 MB Proteksi memori ada
80386 10/1985 16 – 33  275.000 4 GB CPU 32 bit pertama
80486 4/1989 25 – 100 1,2 M 4 GB Cache memori built in 8 K
Pentium 3/1993 60 – 233 3,1 M 4 GB Dua pipelilne, model-model berikutnya memiliki MMX
Pentium Pro 3/1995 150 – 200 5,5 M 4 GB Cache built in dua level
Pentium II 5/1997 233 – 400 7,5 M 4 GB Pentium Pro plus MMX

About suhendraroby

saya seorang CEPERIST

Posted on October 4, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: